Terdepan dalam Pendidikan

Resmi Dilantik Sebagai Rektor Universitas Bangka Belitung, Ibrahim Rektor Termuda PTN se-Indonesia

347

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  melantik Dr Dr brahim S Fil MSi sebagai Rektor Universitas Bangka Belitung periode tahun 2020-2024.

Kegiatan pelantikan dilakukan secara video comference melalui aplikasi zoom berlangsung di Ruang Rapat Rektorat UBB di Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Kamis (16/4).

Ibrahim sebelumnya Dekan Fisip Universitas Bangka Belitung, terpilih sebagai Rektor menggantikan Dr Ir Muh Yusuf  MSi periode 2016-2020.

Pelantikan Rektor UBB dilakukan oleh Prof Ainun Na’im, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dalam pemilihan Rektor UBB, Dr Dr Ibrahim S Fil M Fil berlangsung 
di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Jumat (13/3/2020) berhasil meraih 28 suara.

Sementara, Prof Sobri mendapatkan 4 suara, dan Sucipto nol suara.

Dengan dilantiknya Dr Dr Ibrahim S Fil M Fil, merupakan sebagai rektor di usia muda  Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia.

Rektor UBB Dr Dr Ibrahim mengemukakan pelantikan berjalan dengan lancar.

Dikatakan Ibrahim atas nama institusi UBB mohon doa komponen masyarakat dan stake holder di Babel.

Menurut Ibrahim bahwa UBB didirikan inisiator dan pendiri merupakan proses untuk menciptakan SDM handal di Babel.

“Keberadaan UBB meningkatkan SDM tidak hanya di Babel tetapi secara nasional,” ungkapnya.

Ia menilai keberadaannya di UBB dapat memanfaatkan maksimal mungkin untuk meningkatkan SDM dan komitmen untuk mengajak bersama-sama mitra strategis universitas serta pemerintah daerah untuk membesarkan UBB sebagai milik bersama.

Sementara itu Sekjen Kemendikbud Prof Ainun Na’im mengemukakan bahwa rektor harus memikul beban dan tanggung jawab sebagai bagian dari perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah.

Oleh karena itu UBB, kata Ainun agar bisa bergerak dengan upaya maksimal untuk mendorong program kementerian agar dapat dilaksanakan di tingkat lokal.

“Hal ini juga disampaikan delegasi kemendikbud, pada saat proses pemilihan rektor agar mendukung program pemerintah secara nasional dan program kemendikbud agar bersinergi bersama agar didukung oleh perguruan tinggi,” jelas Ainun.

Pelantikan dihadiri Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, Guru Besar Prof Dr H Bustami Rahman Rektor 2006-2016, Wakil Rektor I Dr Nizwan Zukhri, Wakil Rektor II Dr Sri Rahayu, para Senat Universitas Bangka Belitung, Kepala UPT, Kepala Lembaga, Kepala Biro dan Ketua SPI serta Ketua IKA UBB, dan perwakilan dosen, tenaga kependidikan UBB.

Dalam kesempatan itu dilakukan penandatangan berita acara serah terima jabatan Rektor UBB, dari Dr Ir Muh Yusuf kepada Dr Dr Ibrahim S Fil M Fil.

Sumber : Bangka Pos

Leave A Reply

Your email address will not be published.